Rabu, 26 Oktober 2011

Wortel atasi berbagai penyakit

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan WORTEL. Sayuran yang memiliki nama latin daucus carota  punya banyak menandung zat yang berguna bagi kesehatan. Di Indonesia wortel merupakan salah satu jenis sayuran populer yang dapat diolah menjadi beraneka ragam makanan, seperti : sop, capcay, bakwan dll.


Jenis wortel sendiri  juga banyak, dengan manfaat berbeda tentunya. Yang sering kita jumpai adalah wortel warna orange dengan rasa manis. Wortel jenis yang satu ini mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi, kalori, protein, kalsium, fosfor, zat besi, Vitamin C, vitamin B10 dll.

Ada juga wortel putih ( asli Eropa ) kandungan seratnya diyakini menjaga stamina, sementara wortel Ungu mengandung pigmen anthocyacanin dipercaya sebagai anti oksidan & mampu menangkal radikal bebas, stroke dan Jantung.

Ada lagi jenis wortel merah yang tumbuh di negara China, India, dan Jepang ini yang mengandung Lycopene, beta karoten, & Vitamin A Aktif, dapat menanggulangi gejala kanker

Satu lagi, yaitu wortel warna kuning dengan kandungan xanthophylls dan lutein yang dapat menyehatkan mata dan mencegah kanker
newer post older post home